Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si Mendaftarkan diri sebagai calon Rektor UNTIRTA 2023-2027.

Siang tadi, sesudah sholat Dzuhur (Kamis, 6/04/2023), Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si mendaftarkan diri sebagai calon Rektor UNTIRTA 2023-2027. Berkas diterima dan dinyatakan lengkap oleh Panitia, Dr. Aan Hendrayana, M.Pd.

Dalam uraian visi misinya Fadlullah fokus pada pengembangan visi keilmuan. Mengutip pemikiran Bung Karno, Fadlullah ingin UNTIRTA menjadi city of intellect yang memberikan ruang kebebasan mimbar akademik dan produktif menawarkan inovasi, pemikiran, dan gagasan yang mencerahkan dalam upaya bersama pemerintah menjalankan misi negara: meningkatkan daya saing bangsa dan wujudkan kemakmuran universal. Kampus sepatutnya menjadi menara air yang mengalirkan kebaikan, kesejahteraan, dan keindahan bagi masyarakat luas.

Berikut ini secara lengkap Visi dan Misi Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si

Visi

Terwujudnya ekosistem pendidikan tinggi sebagai city of intellect yang unggul dan terdepan dalam mengembangkan potensi insan akademis, daya saing bangsa, dan peradaban Indonesia dalam tatanan kebhinnekaan global.

Misi

  1. Mengelola dan mengembangkan aset/sumberdaya kampus secara terpadu, efektif, akurat, efisien, dan berkelanjutan untuk mendukung kinerja pendidikan tinggi sebagai city of intellect dalam layanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan visi keilmuan melalui gerakan literasi, inovasi, riset, publikasi ilmiah, dan kerjasama nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan layanan pendidikan berbasis laboratorium dan praktik lapangan.
  4. Membangun sinergi dan kolaborasi hilirisasi produk riset bersama Pemerintah, Pemerintah daerah, industri, dan masyarakat dalam upaya bersama mewujudkan tujuan pembangunan nasional, pembangunan daerah, dan pengembangan masyarakat desa.
  5. Mengembangkan jati diri dan komitmen kebangsaan sivitas akademika melalui gerakan transformasi sosial, kepemimpinan, kewirausahaan, dan budaya korparasi yang berdampak pada peningkatan daya saing bangsa.
  6. Menjalin kerjasama nasional maupun internasional dalam pengkajian, penelitian, dan pemecahan masalah global – kemanusian dan lingkungan – yang bersifat strategis dengan mengarusutamakan warisan intelektual, kearifan, dan budaya lokal.

Program

Pencapaian visi dan misi dilakukan dengan mengembangkan lembaga dan unit kerja sesuai kebutuhan, serta memperkuat kedudukan program studi sebagai tempat berhimpunnya dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan visi keilmuan dan keahlian, dengan dukungan anggaran dan kebijakan sebagai berikut:

  1. Universitas menyelenggarakan multiprogram dan multistrata dan berorientasi pada tujuan preskriptif dan kebutuhan desktiptif, sehingga lulusan pendidikan terarah secara kualitatif memenuhi kriteria keberhasilan, seperti relevansi, konsistensi, efesiensi, dan efektivitas, sesuai kebutuhan pembangunan Nasional.
  2. Setiap program disusun dengan menggunakan prinsip perpaduan kompetensi integritas watak, kecerdasan intelektual, kecakapan dan keterampilan sebagai profesional yang mampu mengamalkan ilmu, teori, dan informasi yang diperoleh – susuai program studi yang menjadi pilihan mahasiswa – dalam menjalankan tanggungjawabnya sebagai warga negara.
  3. Diversifikasi program ditata sesuai dengan kebutuhan nyata di dalam masyarakat, baik dalam mengembangkan warisan intelektual dan budaya Indonesia maupun dalam pengelolaan sumber daya alam, pemeliharaan, pengembangan, dan pelestarian lingkungan.

Dalam rangka membangun budaya akademik pendidikan tinggi sebagai city of intellect dilaksanakan program perioritas sebagai berikut:

  1. Menerapkan integrity manajemen aset
  2. Penguatan visi keilmuan program studi secara berkala dan berkelanjutan
  3. Revitalisasi laboratorium pendidikan dan bengkel kerja berbasis disiplin ilmu
  4. Penelusuran, pembinaan, dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa secara intensif dan berkelanjutan
  5. Gerakan literasi
  6. Gerakan inovasi berbasis riset
  7. Publikasi ilmiah dalam bentuk buku, jurnal, dan media lainnya
  8. Hilirisasi produk riset
  9. Gerakan entrepreneurship
  10. Galeri hasil riset dan ferstival budaya nusantara
  11. Forum ilmiah
  12. Gerakan kepedulian sosial dan kemanusiaan serta konservasi lingkungan

Menururt Fadlullah, Visi, misi, dan program diatas disusun sebagai syarat pendaftaran calon Rektor UNTIRTA Periode 2023-2027, dan akan direalisasikan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. (red)

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20