cropped-kop_surat_Amal_Insani_Foundation_PNG3-removebg-preview.png
Previous
Next

amalinsani.org. “PKM Kolaborasi 2022 yang diadakan oleh Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten sangat luar biasa menfasilitasi  para dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Ini merupakan ide kreatif, inovatif dan agile sebagai sebuah terobosan. “ Demikian diungkap oleh Dr. Rusdiyanta salah seorang Dosen yang menjadi peserta PKM Kolaborasi Nasional Batch 2 yang dilaksanakan oleh IDRI Provinsi Banten pada hari Minggu. (22/05/2022)

Rusdiyanta menambahkan, “Dengan kolaborasi, dosen dari berbagai program studi dapat saling melengkapi untuk memberdayakan masyarakat di Tanjung Lesung. PKM Kolaborasi ini menggunakan pendekatan multidipliner. Misalnya, program studi manajemen dapat mendorong kewirausahaan masyarakat, kedokteran dapat membantu pelayanan kesehatan, administrasi publik dapat merekomendasikan kebijakan yang tepat untuk pengembangan pariwisata, dalam bidang agama dapat memberikan penguatan keyakinan untuk menangkal arus globalisasi. Bidang IT dapat memberdayakan masyarakat dalam literasi digital.”

“PKM kolaborasi tidak hanya melibatkan dosen tetapi juga pemerintah daerah kabupaten, kecamatan, desa serta masyarakat yang menjadi sasaran. Kolaborasi antara perguruan tinggi, masyarakat, pemerintah dan swasta akan mendorong sinergitas kinerja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan tetap berbasis pada local wisdom. “ kata Rusdiyanta yang juga tercatat sebagai Dosen di Universitas Budi Luhur Jakarta ini.

“Pada akhirnya, PKM Kolaboratif ini sangat bermanfaat sebagai wadah untuk membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sehingga lebih berdaya. Selain sharing sumberdaya manusia, sharing pengalaman, PKM Kolaborasi juga sharing pendanaan sehingga meringankan. Konsep gotong royong sangat membantu pelaksanaan PKM.” pungkas Rusdiyanta

Fitra Dila, Dekan FEBI Institut Darul Qur’an (IDAQU) Tangerang mengapresiasi dan ikut bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan PKM Kolaborasi Nasional ini.

Peserta PKM sedang meninjau Sanggar Batik Cikadu (foto: Istimewa)

“Seru dan keren acaranya. Bikin nambah relasi buat yang baru gabung. Selanjutnya  saya pengen ikutan lagi. Semoga nanti ditambah games-games di acaranya, supaya makin akrab antar sesama anggota IDRI dan sering-sering bikin acara yang melibatkan dosen.” ujarnya.

Senada dengan Rusdiyanta dan Fitra Dila, Mahfudoh Dosen Universitas Al Khairiyah Cilegon ini memiliki kesan yang sangat artikulatif.  Baginya sangat berbahagia sekali bisa kembali membersamai Program PKM Kolaborasi Batch 2 yang di selenggarakan oleh Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) yang kali ini di adakan di kawasan Tanjung Lesung.

“Sebelumnya saya juga turut serta di kegiatan PKM Kolaborasi batch 1 di Pulau Tunda Kabupaten Serang. Saya selalu semangat karena pertama, saya bisa bersilaturahmi dan saling mengenal dengan dosen-dosen dari berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang ada di Banten.  Bisa sharing knowledge terkait pengembangan tri darma perguruan tinggi; kedua, sebagai sarana sosialisasi kampus di kalangan perguruan tinggi, ketiga, sebagai wadah kegiatan pengabdian kepada masyarat wujud tri darma yang ketiga kita sebagai dosen, terahir tentu saja kegiatan ini sekalian untuk penyegaran/refreshing sesama dosen apalagi kegiatan kali ini di isi dengan agenda snorkling.” Ujar Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unival ini.

“Harapannya kedepan kegiatan PKM ini benar-benar lebih berupa kegiatan teknis/praktik langsung terkait pengembangan potensi yang ada di daerah tujuan PKM misalkan memberikan pelatihan atau workshop kepada masyarakat kemudian melakukan pendampingan secara kontinue. Saya yakin dengan kegiatan PKM Kolaborasi ini jika rutin diadakan setiap tahun dengan program kerakyatan yang bervariatif membuat IDRI semakin maju, jaya dan ternama sebagai salah satu organisasi dosen di Indonesia.” Mahfudoh menambahkan dengan penuh semangat.

Fitra Dila, Dekan FEBI Institut Daarul Qu’an (IDAQU)

Terakhir Dekan FEB yang energik ini mengatakan, “Dampak dari kegiatan PKM ini, bukan saja IDRI yang akan semakin jaya, tapi dampak dari IDRI inilah perguruan tinggi swasta di Banten bisa maju dan berkembang karena solidnya kerjasama antar perguruan tinggi. Sukses untuk IDRI di tunggu PKM Kolaborasi batch 3 kira-kira kemana kita?” dengan penuh harap.

Salah seorang perwakilan Dosen dari Universitas Pamulang (Unpam), Veritia dengan penuh semangat mengatakan ternyata mengikuti kegiatan PKM IDRI Banten seru!.

“Saya perwakilan dari Universitas Pamulang mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan untuk  mengikuti kegiatan ini. Selain acara ini bermanfaat buat pengisian BKD, bisa menambah teman dan networking dan yang menyenangkan adalah kita bisa banyak belajar dari wilayah yang kita  kunjungi.” Ujar Dosen Prodi Manajemen Unpam ini.

Veritia menambahkan, “IDRI Banten cukup update dengan isu yang ada, desa wisata yang berkelanjutan adalah tema yang memang sedang hangat-hangatnya saat ini. Alhamdulilaah kita berkesempatan mengunjungi salah satu desa wisata di Cikadu, Pandeglang. Sukses yaa buat pengurus IDRI Banten! Tidak sabar mengikuti PKM kolaborasi IDRI Banten yang ke-3.” pungkasnya. (red)

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email
WhatsApp