Kabupaten Serang, amalinsani.org. Mahasiswa KKM Kelompok 20 UNIBA melakukan pendampingan dalam pembagian BLT (bantuan langsung tunai), BST (bantuan sosial tunai), dan PKH (program keluarga harapan) di kantor desa Kadukempong (12/08/2021) 

Pembagian BLT dihadiri oleh perwakilan masyarakat antar kampung beserta penanggung jawab bidang pemerintahan desa kelompok KKM 20. Satu-persatu warga yang termasuk dalam daftar penerima BLT mendatangi meja Petugas Desa untuk mengisi daftar hadir, tanda tangan bukti penerimaan dan langsung menerima uang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah).

Berdasarkan Surat Edaran Bersama Kemenkeu dan Kementrian PDTT  Nomor 08/PK/2021 dan Nomor 02/PDP/2021 Tentang Optimalisasi dan percepatan Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) Tahun Anggaran 2021, bahwa Dana Desa (DD) TA 2021 Wajib digunakan untuk BLT Desa diberikan Kepada Keluarga Tidak mampu atau Miskin yang diputuskan memalui Musyawarah Desa dengan Hasil Penetapan Musyawarah Desa.

Penyaluran BLT di Desa Kadukempong

Sasaran penerimanya adalah keluarga miskin yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup.

“Tujuan penyaluran bantuan ini adalah dalam rangka membantu masyarakat miskin terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat.” ungkap Iroh selaku penanggungjawab program pemerintahan.

Hal serupa di sampaikan oleh bapak Sekretaris Desa Bapak Sukanta mengatakan dalam sambutannya dan arahan nya agar dana BLT yang diterima dipergunakan untuk keperluan pokok seperti kebutuhan sembako dan kebutuhan dasar yang lainnya. Dalam masa sulit seperti ini formulasi BLT dana desa diharapkan bisa menjadi stimulus untuk membantu perekonomian keluarga pra sejahtera warga Kadukempong.(red)

Please follow and like us:
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *