Serang, amalinsani.org – Memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriyah, SDQ Amirul Mukminin menggelar gebyar peringatan Tahun Baru Islam pada Selasa di Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang (10/08/2021)

Kegiatan dihelat oleh pengurus Jamiyatul Walidain dan dihadiri oleh seluruh orang tua/wali santri. Turut hadir pengawas pendidikan kecamatan Pulo Ampel, perangkat desa Margasari, dan segenap pengurus Yayasan Pesantren Madinatul Ma’arif Ragas Grenyang selaku penyelenggara satuan pendidikan.

Masamah, S.Pd selaku ketua JW SDQ Amirul Mukminin menyampaikan laporan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan adalah melatih mental dan kecakapan akademik santri. Kemampuan anak berbeda-beda. Namun semua anak adalah bintang yang bersinar sesuai minat dan bakat masing-masing. Sedangkan Leni Sri Astuti, S.Pd selaku kepala sekolah SDQ Amirul Mukminin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan memberikan support terhadap program sekolah.

Damanhuri, Pengawas Pendidikan Kecamatan Pulo Ampel (sumber foto: Istimewa)

Rangkaian acara gebyar hijrah dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan hymne SDQ Amirul Mukminin oleh seluruh hadirin. Kemudian dilanjutkan dengan pementasan uji kompetensi santri. Mulai kompetensi membaca teks Pancasila, pernyataan visi dan misi serta karakter utama SDQ Amirul Mukminin, hafalan Al Qur’an dan hadits, doa-doa harian serta literasi baca kitab salamuddiyanah.

Bapak Damanhuri selaku Pengawas Pendidikan Kecamatan Pulo Ampel mengapresiasi kegiatan ini. Beliau mendukung gerakan literasi Al Qur’an dan literasi kitab kuning sebagai ciri khas. Beliau juga mengamanatkan agar kurikulum nasional khususnya kesadaran kebangsaan ditumbuhkan kepada seluruh peserta didik sejak dini. Sejalan dengan pandangan bapak Damanhuri,

Dr. H. Fadlullah, S.Ag, M.Si selaku ketua Yayasan menyampaikan komitmen keislaman dan kebangsaan sebagai misi SDQ Amirul Mukminin.

“Bangsa Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia ini akan tumbuh maju dan bermartabat jika berpegang teguh kepada Al Qur’an dan konstitusi, yakni ideologi Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945,” pungkas akademisi UNTIRTA itu.

Lebih lanjut Fadlullah mengatakan bahwa 1 Muharam adalah peristiwa bersejarah bagi umat Islam di dunia terkait dengan peristiwa hijrah umat Islam dari Makkah ke Madinah. Bagi masyarakat Banten, 1 Muharam juga strategis terkait dengan perpindahan ibu kota Kerajaan Islam Banten dari Girang ke Surosowan. Bagi warga belajar SDQ Amirul Mukminin 1 Muharam bersejarah sebagai awal peletakan batu pertama pembangunan SDQ Amirul Mukminin bertepatan dengan bulan Agustus tahun 2020, satu tahun lalu.

“Tabarukan dengan sejarah Nabi dan kesultanan Banten, SDQ Amirul Mukminin adalah sutuan pendidikan Islam berbasis masjid yang menjadikan Al Qur’an sebagai inti kurikulum. Kegiatan pembelajarannya dilakukan secara terintegrasi dengan kurikulum nasional dan dilakukan dengan pendekatan tematik dan projek.” pungkas Fadlullah yang juga menjabat sebagai Sekjen FSPP Banten (red)

Please follow and like us:
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *