Kota Serang, amalinsani.org. Bertempat di SMKN 1 Serang (12/6/2021) untuk kali kedua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Banten melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Penulis Nonfiksi dan Penyunting Naskah (Editor). Kegiatan yang diikuti oleh 27 orang peserta menghadirkan Arief Sanjaya, M.Phil dan Dr. Maria Patricia selaku Asesor yang ditugaskan oleh LSP PEP yang telah berlisensi BNSP.

Ketua Ikapi Banten, Andi Suhud Trisnahadi  dalam sambutan pembukanya menyatakan bahwa kegiatan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Nasional ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh IKAPI Banten, sebagai bentuk supporting kepada para penggiat Literasi di Banten yang berkeinginan mendapatkan sertifikasi Kompetensi dari BNSP.

“Uji Kompetensi dan Sertifikasi ini sangat penting bagi para penulis maupun editor, karena melalui sertifkasi kompetensi ini secara langsung Negara telah mengakui komptensi seorang penulis atau editor.” ujar Andi Suhud yang juga Owner dari Kafe Umakite.

Salah seorang peserta sedang diwawancarai oleh Asesor (foto: istimewa)

Lebih lanjut Andi menambahkan, kami memberikan apresiasi yang besar kepada para peserta yang datang jauh-jauh dari Tangerang, pandeglang dan Lebak mengikuti acara Uji Kompetensi ini secara Offline dengan protocol kesehatan yang ketat.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP) yang kembali memberi kepercyaaan kepada IKAPI Banten untuk menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi para calon peserta Uji Kompetensi” pungkasnya

Sementara, Arif Sanjaya, M.Phil selaku perwakilan Asesor mengatakan Uji Kompetensi dan Sertifikasi ini menjadi penting dimiliki oleh seorang penulis ataupun editor.

“Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu indikator kompetensi seorang penulis adalah ketika ia lulus dan dinyatakan kompeten oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)” ujarnya.

Salah seorang peserta yang mengikuti acara Uji Kompetensi, Dr. Rusito yang merupakan seorang ASN di Kabupaten Lebak mengatakan sangat beruntung sekali dapat mengikuti kegiatan ini.

“Saya sebagai seorang ASN yang sudah menulis beberapa buku, ingin menambah jejaring sesama penulis khususnya yang ada di Banten.Dan Alhamdulillah saya teman-teman saya bertambah setelah mengikuti kegiatan ini.” ungkap Rusito dengan penuh sukacita.

Dalam kegiatan Uji Kompetensi kali ini, Achmad Rozi selaku Sekretaris IKAPI Banten mengatakan sangat bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana dengan waktu yang sangat mepet.

“Peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Penulis Buku Non fiksi sebanyak 21 orang, dan yang mengikuti Uji Kompetensi Penyunting Naskah (Editor) adalah sebanyak 5 orang.” Rozi menambahkan. (red)

Please follow and like us:
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *