amalinsani.org Pernahkah Anda mendengar istilah Wakaf? So-pasti pernah ya….

Tapi tahukan Anda, hikmah atau manfaat apa yang akan diperoleh bagi mereka yang melakukan amalan Wakaf? Apakah sesuatu yang kita wakafkan memiliki manfaat bagi yang melakukannya? Atau apakah apa yang akan diwakafkan tersebut hilang sia-sia begitu saja?

Berikut hikmah wakaf yang admin kutip dari berbagai sumber;

1. Melatih jiwa sosial dan membantu yang kesulitan

Berwakaf menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial. Bagi kita yang memiliki harta benda lebih banyak, bisa memberikan kepada kaum yang tidak mampu atau kesulitan. Misalnya lewat tanah yang kita wakafkan untuk orang yang tidak memiliki tempat tinggal, dan lain sebagainya.

2. Sarana membersihkan dan berbagi harta yang kita miliki

Dengan berwakaf, kita belajar bahwa harta yang kita miliki harus dibersihakn, dan harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Ada sebagian hak orang lain dalam harta kita. Kehidupan akhirat yang kekal bisa diselamatkan lewat kehidupan di dunia. Wakaf membantu kita untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

3. Amalan tidak terputus

Amalan wakaf tidak dapat terputus meski sudah meninggal dunia, jika dikelola terus menerus. Jadi meskipun kita sudah tidak ada di dunia ini, kita bisa tetap berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

4. Memperkuat tali Silaturahmi diantara Umat

Wakaf adalah sarana membangun dan memperkuat tali persaudaraan diantara umat Muslim. Orang yang berwakaf akan selalu mendapatkan aliran pahala dari penggunaan dana wakaf yang diserahkan. Disamping itu akan menjadi sarana untuk saling berbagi kebahagiaan dengan orang lain penerima manfaat, sehingga akan terbangun rasa persaudaraan diantara mereka.

5. Mengurangi tingkat kesenjangan sosial

Dengan berwakaf yang digunakan untuk kepentingan umum, masyarakat akan merasakan manfaat yang sama. Orang yang kekurangan bisa menikmati sarana-sarana publik yang lebih baik, dan orang yang lebih berada juga bisa berbagi. Sehingga, kesenjangan sosial akan semakin kecil dan tali persaudaraan akan terasa lebih erat.

6. Mendorong percepatan pembangunan daerah/Negara.

Wakaf banyak digunakan untuk mendirikan sarana seperti sekolah, pesantren, pemberian beasiswa pendidikan untuk santri, pembangunan asrama santri, dan fasilitas umum lainnya yang dapat dinikmati oleh umat. Hal ini sangat membantu percepatan pembangunan daerah/Negara, yaitu dengan tersedianya sarana pendukung yang memadai.

Berdasarkan manfaat dan tujuan wakaf yang sudah disebutkan di atas, tentunya dengan berwakaf kita bisa memberikan kesejahteraan bagi banyak pihak, seperti keluarga, orang sekitar, dan diri sendiri. Kita bisa mendapatkan segala kebaikan dan hikmah wakaf dengan berbagai cara, salah satunya bisa diwujudkan dengan mewakafkan sebagaian rizki Anda ke Yayasan Amal Insani Cilegon.

Kami memiliki program-program keumatan yang Insya Allah akan memberikan manfaat bagi Umat. Kami hanya perlu do’a dan dukungan serta support dari kaum Muslimin dimanapun berada…yaitu dengan uang tunai sebesar Rp. 200.000,- yang akan kami gunakan untuk pembebasan tanah sluas 2000M2 sebagai ikhtiar kami memberikan manfaat kepada sesama.

Segera hubungi petugas kami di WhatsApp: +62 857-0725-7274, dan Salurkan melalui Rekening BNI 46 an: Yayasan Amal Insani Nomor: 0969380263

Artikel terbaru;

Please follow and like us:
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *