Bung Hatta Meninggalkan Jejak Kemanusiaan yang Tak Akan Lekang oleh Zaman

“Bung Hatta tidak saja seorang proklamator Republik Indonesia, ketokohannya meninggalkan jejak kemanusiaan yang tak akan lekang oleh zaman. Tak terhitung begitu luas gagasan dan ilmu pengetahuan yang diwariskannya.” Demikian diungkap oleh Dr. Rahayu Permana, M.Hum dalam Seminar Nasional yang diseleggarakan oleh Guru Bangsa Institute (12/08/2023) secara Daring.

Ditambahkan oleh Dr. Permana bahwa Jejak Bung Hatta tidak pernah habis untuk dikupas dan pemikirannya tidak pernah kering untuk terus digali. Mohammad Hatta sebagai seorang pergerakan, pejuang, politikus dan proklamator banyak memberikan sumbangsihnya untuk kemerdekaan Indonesia.

Peserta Seminar Nasional 121 Bung Hatta

“Semasa kecilnya ia sudah melihat dan merasakan ketidakadilan, kesewenang-wenangan dan ketertindasan rakyat Indonesia yang dilakukan oleh penjajah. Karena latar belakang itulah yang menyebabkan terbukanya hati nuraninya untuk mewujudkan Indonesia merdeka, baik dengan pikiran, tenaga bahkan jiwa dan raganya.” Dr. Permana menambahkan

“Perjalanan hidupnya sejak dilahirkan dan dibuai di tanah Minang, perjuangannya untuk tanah air tercinta, keterasingannya di tanah pembuangan, hingga pengelanaannya ke berbagai penjuru dunia membentuk satu sosok manusia yang lengkap, meski tidak sempurna” pungkasnya.

Seminar Nasiona Guru Bangsa Institute seri 4 ini mengambil topik, “Refleksi 121 Tahun Bung Hatta: Rekam jejak Pemikiran Dalam Memmbangun Ekonomi Pancasila” menghadirkan narasumber Defiyan Cori seorang pengamat dan Ketua Umu Forum Ekonomi Konstitusi dan Muharam Albana seorang Akademisi muda dari STISIP Trimasda Banten, dan dipandu oleh Host Fauzi Fadliansyah selaku Dosen Tetap Universitas Primagraha.

Dalam sambutan pembukaan, Achmad Rozi El Eroy selaku Direktur Eksekutif Guru Bangsa Institute menyampaikan bahwa Pelaksanaan Seminar ini merupakan sebuah ikhtiar dalam meneladni dan memberikan penghormatan atas jasa dan sumbangsih Bung Hatta kepada bangs aini.

“Kita semua sudah sama-sama mengetahui bagaimana ketokohan dan integritas Bung Hatta dalam masa pra Kemerdekaan dan pasca kemerdekaan. Jejak pemikiran beliau sangatlah besar memberikan pengaruh bagi perjalanan Republik yang kita cintai ini.” Ungkap Rozi

Rozi menambahkan, “Bung Hatta bukan saja memberikan pemikiran-pemikiran tentang Politik, tetapi yang paling besar adlah kontribusnya dalam memberikan pemikiran bagaimana Ekonomi Negara di perjuangkan melalui Konstitusi yang telah disepakati oleh founding father negara ini.”  (red)

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20