Parenting bagi Tumbuh Kembang Anak Tanpa Kekerasan.

AMAL INSANI. Dalam rangka memperingan Hari Anak Nasional Linda Mulyawati selaku Ketua STIT Muhamad Mardiyana Tangerang saat diminta awak menjelaskan pentingnya belajar parenting untuk mengetahui seluk beluk perkembangan anak.Belajar komunikasi yang efektif kepada anak. Mempelajari keterampilan dan teknik berinteraksi dengan anak-anak saat di rumah. (Serang, 17/07/2023)

Pengasuhan anak menekankan pada sikap positif dan menerapkan disiplin dengan kasih sayang. Prinsip dasarnya adalah menghargai anak agar tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Dalam praktiknya, pengasuhan yang diterapkan pada satu anak tidak selalu berhasil untuk anak yang lain. Ada 4 jenis pola asuh pada anak yaitu : Permisif, Demokratis, Mengabaikan/Tidak mempedulikan anak, Otoriter tambahnya.

Menurut Dorothy Law Nolte Anak belajar dari kehidupannya Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki. Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi. Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri. Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri. Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri. Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri. Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai.
Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, ia belajar menaruh kepercayaan. Jika anak dibesarkan dengan dukungan, ia belajar menyenangi dirinya sendiri. Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan. Pungkas Ketua Badan Pengawas Harian di Amal Insani Foudation dan Public Relation IC Education. (red)

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20