AMAL INSANI FOUNDATION MELAUNCHING MAJELIS TAKLIM BERBASIS VIRTUAL

amalinsani.org. “Majelis taklim merupakan lembaga pendidikan berbasis masyarakat, berciri khas nilai-nilai Islam berbudaya lokal (local wisdom) yang dalam penyelenggaraannya memiliki prinsip pendidikan dengan sistim terbuka dan prosesnya berlangsung sepanjang hayat.” Demikian diungkap oleh Dr. Hj. Yuminah, MA.Si saat memberikan materi  pada acara Seminar Nasional dan  Launching Majelis Taklim Virtual Amal Insani, melalui Zoom Meeting, Rabu (19/07/2023)

Ditambahkan oleh Hj Yuminah, Majelis Taklim adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam nonformal sebagai sarana dakwah Islam.

Lebih lanjut Dosen UIN Syarif Hidayatullah ini mengatakan Islam adalah agama yang menuntun agar manusia secara individual maupun kelompok menjadi manusia yang baik, berakhlak dan berbudi pekerti luhur. Agar tujuan beragama yang baik dapat tercapai, maka harus ada dakwah yang digencarkan secara kosisten.

“Dakwah merupakan suatu seruan atau ajaran yang dilakukan oleh seorang kyai/nyai/da`i, daiyyah kepada indifidu/ kelompok/ masyarakat baik melalui lisan, tulisan maupun perbuatan agar melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.” tegas Dr. Hj. Yuminah.

“Saya mengapresiasi kehadiran Majelis Taklim Virtual Amal Insani yang digagas oleh Amal Insani Foundation sebagai sebuah terobosan cerdas dan bermanfaat bagi masyarakat. Lembaga majelis taklim tidak hanya diperuntukkan untuk orang tua/ ibu-ibu atau bapak-bapak saja, tetapi juga untuk umum termasuk para remaja/pemuda guna menimba ilmu agama melalui jalur pendidikan nonformal.” Pungkas Dr. Hj. Yuminah yang juga menjabat sebagai pengurus Majelis Dai Kebangsaan Kementrian Agama Republik Indonesia

Kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Launching Majelis Taklim Virtual juga menghadirkan narasumber, Ustdzah Wardatul Ilmiah, M.Pd.I selaku Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, kemudian Ustadzah Mun’imatun Nafiah, S.Ag selaku Pengurus Wilaya Fatayat NU Provinsi Jawa Barat. Acara Seminar Nasional dipandu oleh Moderator Ustadzah Surti Zahra, MM yang juga merupakan Dosen Universitas Bina Bangsa (Uniba) Serang.

Dalam sambutan pembukaan, Pimpinan Majelis Taklim Virtual, Ustadzah Ai Judiyyah Fahmi, S.Pd.I menjelaskan bahwa Launching Majelis Taklim Virtual yang bertepatan  Tahun baru Hijriyah 1445 H ini merupakan sebuah program  dari Amal Insani Foundation dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan hadirnya sebuah majelis kajian, majelis ilmu yang dikhususkan untuk menjangkau masyarakat secara luas.

“Selama ini kita melihat bahwa antusiasme masyarakat untuk mengikuti Majelis Taklim secara konvensional sungguh sangat besar, dan sangat tinggi partisipasi masyarakat, khususnya ibu-ibu.“ungkap Pimpinan Majelis Taklim Virtual Amal Insani.

Ditambahkan oleh Ustadzah Ai Judyyah, “Oleh karena itu, dalam rangka memberikan wadah yang lebih luas dan lebih dapat menjangkau keseluruh lapisan masyarakat, Amal Insani Foundation memiliki gagasan untuk menghadirkan Majelis Taklim Virtual ini.”

Untuk diketahui bahwa Visi dari Majelis Taklim Virtual ini  adalah Membangun Masyarakat yang Beriman dan Bertakwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan Memberi Manfaat bagi Pengembangan Pendidikan Ilmu Agama secara Kaffah.

“Adapun Misi yang akan dijalankan yaitu; 1) Melaksanakan Pembinaan Masyakarat melalaui Pendidikan Keagamaan secara berkelanjutan 2). Melaksanakan SIlaturahmi diantara Majelis Taklim yang ada dan, 3). Melaksanakan kegiatan social kemasyarakatan yang bermanfaat bagi sesama.” pungkas Ustadzah Ai Judiyyah

Hadirnya Majelis Taklim Virtual Amal Insani ini merupakan Majelis Taklim Virtual Pertama yang hadir di Provinsi Banten, sebagai sebuah terobosan baru dari Amal Insani Foundation dalam rangka ikhtiar untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan tujuan rumah tangga yang diinginkan, yaitu menjadi keluarga Sakinah Mawaddah dan Warohmah yang selalu dalam lindungan dan mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

Diakhir sambutan, Ustadzah Ai Judiyyah menegaskan bahwa melalui Launching Majelis Taklim Virtual ini kami berharap, semoga dapat menjadikan keluarga kecil kita menjadikan keluarga yang Sakinah, Mawddah dan Warohmah. Disamping itu, Majelis taklim ii menjadi tempat menimba ilmu agama secara virtual yang bermanfaat bagi peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt; (red)

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20