SDQ Amirul Mukminin Selenggarakan Masa Orientasi Siswa Selama Dua Hari.

Senin tanggal 10 Juli hingga tanggal 11 Juli 2023 peserta didik baru SD Al Qur’an Amirul Mukminin mengikuti kegiatan masa orientasi siswa/pengenalan lingkungan sekolah. Para santri memperoleh pengarahan tentang belajar di Sekolah Dasar yang menekankan kepada sikap disiplin, ketenangan, keteraturan, dan konsentrasi mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, dan mengajukan pertanyaan dengan santun.

Pada hari pertama pengenalan lingkungan sekolah tidak hanya diikuti oleh peserta didik, tapi juga diikuti orangtua/wali santri. Kehadiran wali santri pada awal tahun ajaran baru dimaksudkan agar memiliki pemahaman yang sama tentang visi, misi, dan tujuan SD Al Qur’an Amirul Mukminin sebagai satuan pendidikan berbasis Masjid dengan pembiayaan seikhlasnya.

Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si menjelaskan bahwa SD Al Qur’an Amirul Mukminin menggunakan sistem full day school (FSD). Belajar pada hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 07.00-16.00 WIB. Anak belajar dan bermain di lingkungan sekolah dengan pengawasan pendidikan. Anak belajar sepanjang hari sangat membantu keluarga yang keduaorangtuanya bekerja.

Sistem full day school (FSD) dilaksanakan pada 3 tahun pertama. Sedangkan pada 3 tahun berikutnya menggunakan sistem asrama (boarding school). Model asrama pada saat anak berusia 10 tahun atau kelas 4 SD berdasarkan dalil:

١- [عن [جد عمرو بن شعيب]:] مروا أولادكم بًالصلاة وهم أبناء سبع سنين واضربوهم عليها وهم أبناء عشر وفرقوا بينهم في المضاجع
أبو داود (ت ٢٧٥)، سنن أبي داود ٤٩٥

Saat kelas IV SD kemandirian anak dilatih dengan sekolah berasrama. Mereka belajar Al Qur’an lebih intensif dan belajar hidup bermasyarakat secara mikro melalui kehidupan nyata. Mulai pembiasaan hidup sehat dan bersih. Belajar dan bermain bersama. Berlatih kecakapan hidup dan mengelola bumi seperti berkebun dan memelihara hewan piaraan. Menanam, mengurus mengolah dan memetik hasil. Menikmati dan atau menjual. Anak belajar sepanjang hari sangat membantu mereka berlatih sebagai kader pemimpin bangsa yang majemuk di masa depan.

Siswa dan Siswi SDQ Amirul Mukminin saat mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS)

SDQ Amirul Mukminin merupakan sekolah berbasis masjid dengan pembiayaan seikhlasnya. Kurikulum inti Al Qur’an 40 matan kitab kuning dan kurikulum terintegrasi berbasis laboratorium. Visi yang diemban adalah Mewujudkan ekosistem pendidikan Masjid yang unggul dan terdepan dalam mendidik Santri Cerdas, Tangguh dan Berakhlakul Karimah.

Sementara Misi SDQ Amirul Mukminin adalah; pertama, Mencerdaskan santri dengan pengamalan ilmu, teknologi, dan seni berdasarkan Al-Qur’an dan hadits; kedua, Mengembangkan entrepreneurship santri sesuai kecerdasan, minat dan bakat mereka dengan semangat konservasi dan pelestarian lingkungan; dan ketiga, Menciptakan masyarakat belajar yang bertanggungjawab dalam membangun peradaban bangsa dan memajukan kesejahteraan masyarakat berlandaskan iman dan takwa.

Tujuan SD Amirul Mukminin

  1. Mengenalkan Allah dan syariat-Nya secara bertahap sesuai taraf perkembangan santri.
  2. Menumbuhkan cinta dan budaya literasi Al-Qur’an, terutama membaca Al-Qur’an secara tartil dan indah sesuai tajwid.
  3. Melatih sikap mental disiplin santri dengan pembiasaan sholat lima waktu secara berjamaah
  4. Melatih perilaku sosial santri dengan pola hidup zuhud, hidup bersahaja dan saling berbagi di antara sesama.
  5. Membiasakan santri hidup tertib dengan melaksanan etika dan pranata sosial Islam dalam kehidupan sehari-hari sesuai haluan Ahlussunnah wal jamaah.
  6. Membimbing santri dengan kecakapan akademik untuk belajar mandiri, meliputi pengajaran bahasa Arab dan bahasa internasional lainnya, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, serta keterampilan pemecahan masalah.
  7. Mengembangkan penalaran ilmiah santri dengan menerapkan pendidikan berbasis laboratorim dan men-tadabburi ayat-ayat Al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta.
  8. Membiasakan santri belajar berkolaborasi, berbagi informasi dan pengetahuan, berdiskusi, memperdebatkan berbagai isu aktual dalam masyarakat, serta saling mengisi dan bekerjasama dalam memecahkan masalah berdasarkan Al-Qur’an, hadits, dan penemuan ilmiah.
  9. Melatih santri sukses membangun bisnis, korporasi, dan ekosistemn bisnis industri kreatif berbasis inovasi dan teknologi informasi.
  10. Melatih santri ketangkasan fisik, seni, dan olahraga prestasi dalam rangka bela negara
  11. Menumbuhkan semangat juang santri dalam membangun masyarakat madani dengan meneladani sejarah Nabi, sejarah dunia Islam dan perjuangan bangsa Indonesia.
  12. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkarakter nasional religius dan bertanggungjawab terhadap kemaslahatan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negaranya dalam pergaulan global.

Profil Lulusan

  1. Santri CERDAS memiliki visi kepemimpinan, menguasai kecakapan komunikasi, dan terampil belajar mandiri berbasis Teknologi Informasi dan Komputer.
  2. Santri TANGGUH berani mengambil risiko, tekun dan kreatif mengubah tantangan menjadi peluang dengan jiwa entrepreneurship
  3. Santri BERAKHLAKUL KARIMAH bersikap sopan, menghargai kemajemukan, serta bertanggungjawab terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.

Lima Karakter Utama SDQ Amirul Mukminin

*RELIGIUS

  1. Taat beribadah kepada Allah
  2. Cinta Rasulullah, keluarga, dan para sahabatnya
  3. Rajin belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.

*INTEGRITAS

  1. Berpikir rasional, objektif, dan bijaksana
  2. Berlaku adil dan suka memaafkan
  3. Sopan, menjunjung tinggi adab Islam dan kesucian adat istiadat

*NASIONALIS

  1. Berbakti kepada kedua orang tua, suka bersilaturahmi, dan saling berkasih sayang dengan sesama.
  2. Cinta tanah air, patriotik, dan rela berkorban.
  3. Melestarikan warisan budaya daerah dan kreatif memajukan kebudayaan Indonesia dalam pergaulan internasional.

*GOTONG ROYONG

  1. Disiplin, patuh, dan suka bermusyawarah
  2. Peduli, saling tolong menolong dan bekerjasama dalam kebaikan
  3. Mengutamakan keselamatan dan kemaslahatan bersama.

*MANDIRI

  1. Suka berkomunikasi secara jujur dan terbuka
  2. Percaya diri, berani, dan bertanggung jawab
  3. Pelopor pembangunan masyarakat adil makmur berwawasan lingkungan***
Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20