Ada Apa Ratusan Dosen se Banten dan Jabodetabek Kunjungi Baduy?

Ada Apa Ratusan Dosen se Banten dan Jabodetabek Kunjungi Baduy?

Lebak, Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten sukses melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kolaborasi Nasional Batch 3 yang berlokasi di Kampung Mualaf Baduy (10/06/2023).

Sebanyak 170 Dosen dari 54 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sebagai Impelementasi tri Darma Peguruan Tinggi.

Ketua Panitia PkM Kolaborasi Nasional batch 3 Didi Wandi menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan PkM ini adalah memberikan ruang dan kesempatan kepada para Dosen untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki untuk di kontribusikan kepada masyarakat.

Tampak Dosen yang tergabung di IDRI Banten saat berforo dengan Jaro Saida

“Kami berharap Dosen dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi proses pembangunan sumber daya manusia, baik itu yang bersifat materi maupun transformasi pengetahuan khususnya di wilayah Kampung Muallaf Baduy.” Ujar Didi Wandi.

Ditambahkan oleh Didi Wandi yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Humas dan Keanggotaan di IDRI Banten, “Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota masyarakat merasakan manfaat dari program ini. Dengan melibatkan berbagai kelompok usia dan sektor masyarakat, kita dapat menciptakan inisiatif yang lebih komprehensif dan berdampak positif bagi kampung ini,” kata Didi Wandi.

Sementara Achmad Rozi EL Eroy selaku Ketua IDRI Banten dalam sambutan pembukaan PkM menyampaikan bahwa kegiatan PkM ini merupakan lanjutan dari PkM sebelumnya yang setiap tahun dilaksanakan oleh IDRI Banten.

“Alhamdulillah IDRI Banten telah menyelenggarakan PkM untuk ketiga kalinya, dan tahun ini dilaksanakan di Perkampungan Muallaf Baduy, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak.” Ujar Rozi El Eroy.

“Sejak Tahun 2021 IDRI Banten telah melaksanakan PkM pertama di Pulau Tunda, Kabupaten Serang yang diiukti oleh sekitar 40 Dosen dari PTS se Banten. Kemudian tahun 2022 kembali dilakukan PkM kedua di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang da dikutim oleh 130 Dosen Perguruan Tinggi yang berasal dari Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.” Rozi menambahkan.

Pengurus IDRI Banten saat diterima oleh Jaro Saida (Kepala Desa Kanekes)

Alhamdulillah, PkM ketiga ini dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta sebanyak 170 yang berasal dari 54 Perguruan Tinggi se Banten dan JABODETABEK.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan PkM ini diharapkan dapat menumbuhkan perputaran ekonomi masyarakat di Wilayah Baduy secara signifikan.” Ujar Rozi yang juga merupakan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional AFEBSI.

Sekretaris Camat Leuwidamar, Agung Nugraha mewakili pemerintah Kecamatan dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh IDRI Banten.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh IDRI Banten ini, kami mendapatkan masukan dan saran dari rekan-rekan Dosen terkait pembangunan di Wilayah Kecamatan Leuwidamar, khususnya yang terkait dengan pembangunan sumberdaya manusia.” Ujar Agung Nugraha.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan PkM Kolabirasi Nasional Batch 3 IDRI Banten diantaranya, Penyuluhan dan pendampingan Ekonomi Keluarga, Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat, Bimbingan Mental Keagamaan, dan Motivasi bagi Anak-anak Muallaf Baduy. (red)

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *