PKM Kolaborasi Nasional Batch 3: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Masyarakat di Kampung Muallaf Baduy

amalinsani.org. Kampung Muallaf Baduy, sebuah komunitas yang terletak di Desa Sangkanwangi, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, telah menjadi pusat perhatian dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaborasi Nasional Batch 3. Komunitas ini memiliki potensi sumber daya manusia yang beragam dan berlimpah, serta kekayaan potensi alam yang unik. Namun, mereka juga menghadapi berbagai tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Wilayah Banten memimpin inisiatif kolaboratif ini dengan tujuan utama memperkuat kualitas sumber daya manusia dan memberikan kontribusi positif melalui kegiatan bhakti sosial di Kampung Muallaf Baduy.

Ketua IDRI Provinsi Banten, Achmad Rozi, SE., MM., menjelaskan bahwa PKM Kolaborasi Nasional Batch 3 bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendampingan dan pelatihan yang difokuskan pada berbagai aspek kehidupan.

“Kami ingin memberdayakan masyarakat Kampung Muallaf Baduy dengan memberikan pendampingan dan pelatihan yang dapat meningkatkan potensi mereka. Selain itu, melalui kegiatan bhakti sosial, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan mereka secara menyeluruh,” ujar Achmad Rozi.

Dalam kegiatan PKM ini, berbagai kelompok sumber daya manusia akan terlibat, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, lansia, serta masyarakat umum di kampung tersebut. Ketua Panitia Kegiatan, Didi Wandi, SE., MM., menekankan pentingnya inklusivitas dalam upaya ini.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota masyarakat merasakan manfaat dari program ini. Dengan melibatkan berbagai kelompok usia dan sektor masyarakat, kita dapat menciptakan inisiatif yang lebih komprehensif dan berdampak positif bagi kampung ini,” kata Didi Wandi.

PKM Kolaborasi Nasional Batch 3 di Kampung Muallaf Baduy akan melibatkan partisipasi sebanyak 200 dosen yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan kampus di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Para dosen ini akan menyumbangkan keahlian dan pengalaman mereka untuk membantu mengatasi tantangan dan kebutuhan yang dihadapi oleh masyarakat kampung.

Tim IDRI Banten saat melakukan Survey PKM Kolaborasi 2023 di Baduy

Acara ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Juni 2023, di Kampung Muallaf Baduy, Desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Rencana kegiatan PKM Kolaborasi Nasional Batch 3 meliputi beberapa tahapan, dimulai dengan identifikasi kebutuhan melalui penelitian awal yang bertujuan untuk menggali informasi tentang masalah dan kebutuhan sumber daya manusia di kampung tersebut.

Selanjutnya, pendampingan dan pelatihan akan dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk pembinaan mental keagamaan, penguatan ekonomi keluarga, pemanfaatan potensi pertanian dan peternakan, penguatan pengasuhan keluarga, serta pentingnya pendidikan dalam keluarga. Kegiatan bhakti sosial juga akan menjadi bagian penting dari program ini, dengan penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan gratis, distribusi alat tulis sekolah, pemberian Al Qur’an dan buku bacaan, serta pembagian paket sembako.

Untuk memastikan keberhasilan program ini, akan dilakukan evaluasi dan monitoring secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan dampak yang diharapkan, serta untuk menyesuaikan langkah-langkah ke depan agar program ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Kampung Muallaf Baduy.

PKM Kolaborasi Nasional Batch 3 di Kampung Muallaf Baduy merupakan sebuah langkah kolaboratif yang diharapkan dapat memberikan perubahan positif dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui kerjasama antara IDRI Provinsi Banten dan masyarakat lokal, diharapkan tercipta pembangunan yang berkelanjutan dan masyarakat yang lebih sejahtera.

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet 20
fb-share-icon20